Durasi : 3 JP
Moda : Konsultasi
Daring secara asinkron
TP. Khusus : CGP dapat melakukan refleksi dan metakognisi terhadap p
roses pembelajaran yang telah mereka lalui serta menggunakan pemahaman
barunya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang diampunya.
1) Dari
apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi
bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?
2) Apa
yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut
sulit diterapkan?
3) Jika
Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan?
Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.
4) Jika
Anda menghadapi sebuah situasi, dimana kebutuhan belajar siswa Anda tidak dapat
diakomodasi oleh pembelajaran berdiferensiasi beranikah Anda mengambil risiko
untuk memodifikasi pembelajaran Anda, meskipun hal tersebut mungkin tidak umum
atau tidak sesuai dengan sistem yang ada? Jelaskan pendapat Anda dengan
alasannya.
JAWABAN
1)
Berdasarkan apa yang telah saya pelajari
pada modul ini pembelajaran berdiferensiasi merupakan solusi bagi permasalahan
terkait pembelajaran. Tentunya di dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas
pastinya seorang guru akan menemui murid yang beraneka ragam, baik dari segi
kemampuan dasarnya, minatnya, gaya belajarnya dll. Nah agar guru dapat
melaksanakan pembelajaran yang dapat mengakomodir semua perbedaan siswa tersebut
maka guru harus melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Menurut Tomlinson
(2000), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses
pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar
murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut. Adapun
diferensiasi yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dari segi konten, proses, dan
juga produk yang dihasilkan siswa. Materi tentang pembelajaran berdeferensiasi dapat
menjadi solusi dari masalah pembelajaran di kelas saya. Setiap murid dilahirkan
dengan bakat dan kemampuan yang unik. Hal ini menjadi tantangan bagi guru agar
bisa memenuhi kebutuhan belajar setiap muridnya. Dengan pembelajaran yang
berdiferensiasi mungkin akan cukup membantu untuk belajar siswa.
2)
Menurut saya yang sulit diterapkan dalam
pembelajaran berdiferensiasi yaitu mengenali kebutuhan belajar murid. Dengan
jumlah siswa yang mencapai 30 orang dengan beraneka ragam latar belakang,
tentunya perlu waktu yang ekstra bagi seorang guru untuk mengenali kebutuhan
belajar muridnya. Apalagi dalam situasi pembelajaran daring seperti ini dimana
guru tidak bisa bertemu dengan muridnya, perlu strategi dan inovasi untuk dapat
mengenali masing-masing siswa. Mendesain
variasi belajar secara daring sepertinya lebih rumit karena interaksi dengan
murid selama proses pembelajaran juga terbatas sehingga guru tidak bisa
mengamati dan melihat perkembangan belajar murid secara langsung.
3) Dukungan
yang saya perlukan yaitu dukungan penuh dari orang tua siswa untuk memastikan
anak-anaknya dapat terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga guru dapat
mengenali murid-muridnya dengan baik. Selain itu, saya juga harus memastikan
para orang tua agar mendampingi anak-anaknya saat saya melakukan sebuah survey
untuk mengetahui profil murid saya, memastikan semua murid mengisi surveynya.
Untuk mendapat dukungan tersebut tentunya saya akan mengoptimalkan grup
paguyuban yang telah saya bentuk sebelumnya dan berkomunikasi melalui whatsapp
grup.
4) Menurut
saya, jika saya berada pada situasi dimana kebutuhan belajar siswa saya tidak
dapat diakomodasi oleh pembelajaran berdiferensiasi, maka saya akan dengan
berani mengambil risiko untuk memodifikasi pembelajaran yang saya lakukan,
meskipun hal tersebut mungkin tidak umum atau tidak sesuai dengan sistem yang
ada. Kondisi siswa di kelas secara penuh diketahui oleh gurunya, oleh karena
itu guru berhak melakukan berbagai macam inovasi dan kreatifitas dalam melaksanakan
pembelajaran dengan tujuan agar semua siswa mendapatkan pembelajaran sesuai
yang mereka butuhkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.